Persamaan dan Perbedaan Virtual Reality dan Augmented Reality

 

Salah satu masalah terbesar yang dihadapi dunia adalah masalah perbedaan antara augmented reality adan virtual reality. Keduanya mendapatkan perhatian media karena kedua teknologi tersebut sangat menjanjikan saat ini dan berkembang sangat pesat dan luar biasa.

Perbedaan Virtual Reality vs Augmented Technology

Virtual Reality addalah simulasi buatan komputer atau refleksi dari suatu situasi atau lingkungan sekitar secara nyata. Virtual reality tampak dirasakan seolah-olah seseorang dapat mengalami pengalaman situasi atau lingkungan yang disimulasikan secara nyata dengan dirangsang oleh indra penglihatan  dan  pendengaran.

Virtual Reality biasanya dapat dilihat dengan memakai suatu headset seperti headset keluaran Facebook Oculus yang dilengkapi teknologi yang sangat menonjol dimana Virtual Reality diharapkan mampu menciptakan dan meningkatkan daya khayal secara nyata untuk game dan hiburan (seperti

Video game , Game komputer dan Film 3D).  Virtual Reality dapat sangat dikembangkan melalu bahasa pemrograman yang dikenal VRML (Virtual Reality Modelling Model) yang dapat digunakan untuk membuat serangkaian gambar dan menspesifikasikan jenis interaksi yang memungkinkan antar rangkaian gambar tersebut.

http://www.augment.com/blog/wp-content/uploads/2015/10/16237219524_348f9088c9_z.jpg

Augmented Reality

Augmented reality (AR) adalah teknologi yang perangkat lapisan tambahan yang dihasilkan komputer di atas sebuah realitas yang ada dalam rangka untuk membuatnya lebih bermakna melalui kemampuan untuk berinteraksi antara teknologi dengan realitas. AR dikembangkan menjadi aplikasi dan digunakan pada perangkat mobile sehingga antara komponen digital dengan dunia nyata dapat berbaur dan berinteraksi sedemikian rupa.

Teknologi AR begitu cepat masuk ke dalam kehidupan sosial  seperti digunakan dalam menampilkan skor pertandingan olahraga , email 3D , foto atau pesan teks pada perangkat mobile. Industri teknologi juga menggunakan AR untuk mengembangkan hal-hal yang menakjubkan dan revolusioner seperti menciptakan hologram yang dapat digerakan melalui perintah gerak yang diaktifkan secara langsung.

http://www.augment.com/blog/wp-content/uploads/2014/12/P1030872PS.jpg

Augmented Reality vs. Virtual Reality

Augmented reality dan virtual reality merupakan refleksi kebalikan dari satu di lain dengan apa yang masing-masing teknologi berusaha untuk mencapai dan memberikan bagi pengguna. Virtual reality menawarkan rekreasi digital dari pengaturan kehidupan nyata, sementara augmented reality memberikan unsur maya sebagai overlay ke dunia nyata.

http://www.augment.com/blog/wp-content/uploads/2015/10/Milgram.jpg

Persamaan  Augmented Reality dan Virtual Reality

Teknologi

Augmented dan virtual realitas kedua memanfaatkan beberapa jenis teknologi yang sama, dan mereka masing-masing ada untuk melayani pengguna dengan pengalaman yang disempurnakan atau diperkaya.

Hiburan

Kedua teknologi memungkinkan pengalaman yang menjadi lebih umum diharapkan dan dicari untuk tujuan hiburan. Sementara di masa lalu mereka tampak hanya isapan jempol dari imajinasi fiksi ilmiah, dunia buatan baru datang untuk hidup di bawah kontrol pengguna, dan lapisan yang lebih dalam interaksi dengan dunia nyata juga dicapai. mogul teknologi terkemuka berinvestasi dan mengembangkan adaptasi baru, perbaikan, dan melepaskan lebih banyak produk dan aplikasi yang mendukung teknologi ini untuk pengguna semakin cerdas.

Sains dan Kedokteran

Selain itu, realitas baik virtual dan ditambah memiliki potensi besar dalam mengubah pandangan dari bidang medis dengan membuat hal-hal seperti remote operasi kemungkinan nyata. Teknologi ini telah telah digunakan untuk mengobati dan menyembuhkan kondisi psikologis seperti Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

Perbedaan Augmented Reality dan Virtual Reality


Tujuan
Augmented reality meningkatkan pengalaman dengan menambahkan komponen virtual seperti gambar digital, grafis, atau sensasi sebagai lapisan baru dari interaksi dengan dunia nyata. Sedangkan , virtual reality menciptakan realitasnya sendiri yang benar-benar dihasilkan dam didorong oleh program komputer

Metode Pengiriman

Virtual Reality biasanya dikirim ke pengguna melalui perangkat head-mount, atau kontroller  kontroler. Peralatan ini menghubungkan orang dengan realitas virtual, dan memungkinkan mereka untuk mengontrol dan menavigasi tindakan mereka dalam lingkungan dimaksudkan untuk mensimulasikan dunia nyata.

Augmented reality sedang digunakan lebih dan lebih dalam perangkat mobile seperti laptop, ponsel pintar, dan tablet untuk mengubah bagaimana dunia nyata dan gambar digital, grafis berpotongan dan berinteraksi.

 

Bagaimana jika AR dan VR digunakan secara bersamaan ?

AR dan VR tidak selalu bekerja atau digunakan secara independen , bahkan sering digunakaan bersamaan guna menghasilkan  pengalaman yang lebih tampak hidup.

Misalnya, haptic feedback-yang merupakan getaran dan sensasi ditambahkan ke interaksi dengan grafis-dianggap sebagai augmentasi. Namun, umumnya digunakan dalam pengaturan virtual reality untuk membuat pengalaman lebih hidup meskipun melalui sentuhan.

 

VR dan AR adalah contoh besar dari keinginan dunia hiburan untuk suatu permainan mendapatkan pengalaman dan interaksi individu secara nyata atu bahkan digunakan untuk menciptkan dimensi baru dari interaksi perangkat digital dan dunia nya. VR dan AR tidak diragukan lagi untuk menghubungkan dunia nyata maupun virtual  baik digunakan secara bersamaan ataupun masing-masing.